15 Cara Pekerjaan Kantor Merusak Tubuh Anda

15 07 2014

Punya pekerjaan nyaman di kantor mungkin sering diminati anda kaskuser, pekerjaan dalam ruangan yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi. Tapi apakah anda tau, banyak benda-benda dan juga cara kerja dikantor yang bisa berdampak buruk buat tubuh anda dalam jangka pendek atau jangka panjang?
Peralatan teknologi di kantor seperti printer, komputer, laptop, keyboard, dan lainnya ternyata bisa berefek buruk buat kesehatan fisik anda. Beberapa cara kerja dikantor merusak tubuh berikut pernah dan bahkan sedang Anda jalani.

  1. Duduk di kursi sepanjang hari

Duduk dalam waktu lama memiliki dampak sangat mengerikan bagi tubuh. Sakit dan nyeri merupakan masalah yang umum — hal itu juga dapat menyebabkan kematian dini. anda berisiko lebih tinggi mengalami gangguan otot tulang, obesitas, diabetes, kanker, penyakit jantung dan banyak lagi, meski jika anda berolahraga secara teratur.
Solusi : berdiri setiap satu jamingatlah untuk berdiri setiap satu jam, Ciptakan aktivitas yang memaksa Anda bergerak dari kursi Anda.

 

  1. Membungkuk bahkan lebih buruk

Jika pekerjaan mengharuskan anda untuk duduk sepanjang hari, lebih baik anda menggunakan perangkat duduk yang memungkinkan anda untuk meluruskan postur tubuh. Jika tidak, anda berpotensi terkena penyakit kronis jangka panjang termasuk radang sendi.
Solusi : Lakukan peregangan tiap 30 menitJika sering duduk dalam jangka waktu sangat lama, lakukan peregangan tiap 30-60 menit untuk mengurangi risiko sakit punggung. Gerakan peregangan bisa meniru gerakan-gerakan senam, atau jika malu cukup berdiri lalu berjalan-jalan keliling kantor maka otot punggung sudah sedikit meregang.

 

  1. Kualitas udara yang buruk di ruang kerja

Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan “Sick Building Syndrome.” Udara di dalam gedung bisa 100 kali lebih kotor dari udara luar. anda bisa terkena berbagai gas dan bahan kimia yang tidak sehat. Ada polutan di AC, partikel beracun, bakteri berbahaya dan lumut yang terbang di sekitar anda, terutama di gedung-gedung yang tidak diurus dengan baik.
Solusi : Menghirup udara segarLuangkan waktu sebentar untuk menghirup udara segar. Baik itu keluar kantor, balkon atau membuka jendela selebar mungkin. Tarik napas dalam dan keluarkan dengan teratur selama beberapa menit. Cara sederhana, namun mampu membuat pikiran Anda fresh.

 

  1. Telalu banyak terkena paparan printer dan mesin fotokopi

Mesin fotokopi adalah sumber ozon yang mematikan jika penyaringnya tidak diganti secara berkala, dan bahkan jumlah kecil dapat menyebabkan nyeri dada dan iritasi. Printer laser juga punya efek yang sama, bersama dengan partikel toner yang bisa masuk ke paru-paru dan aliran darah, yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru dan penyakit lainnya.
Solusi : Menjauhijangan terkena langsung radiasi dari mesin fotokopi atau printer laser

 

  1. Menghabiskan terlalu banyak waktu dengan laptop panas

Siapa pun bisa mengalami masalah kulit karena panas, apalagi jika anda menaruh laptop di pangkuan, bukan di meja atau dudukan laptop, tapi ada berita yang lebih buruk untuk laki-laki. Peneliti NYU menemukan bahwa laptop dapat meningkatkan suhu skrotum, yang akan memengaruhi jumlah sperma pria.
Solusi : Diletakan ditempat yang benarjangan menempel leptop pada tubuh anda karena bisa menyebabkan panas dan radiasi letakanlah dimeja dengan diberi alat kipas di bawah pada leptop.

 

  1. Bekerja lebih dari 10 jam per hari

Peneliti Eropa menemukan bahwa orang yang bekerja 10 jam atau lebih setiap hari memiliki risiko 60 persen lebih besar mengalami masalah kardiovaskular, termasuk serangan jantung.
Solusi : Berikan Jeda IstirahatPastikan anda memeberikan jeda istirahat, setengah jam sekali amat dianjurkan untuk memecah ketegangan pada mata anda, menyempatkan diri beranjak dari tempat duduk untuk sekedar berjalan-jalan kecil ke meja rekan kerja atau pergi ke toilet untuk sekedar mencuci muka agar anda terlihat lebih segar.

 

  1. Menatap layar komputer tanpa henti

Meskipun layar komputer tidak mengeluarkan radiasi, kelelahan dari menatap layar pada jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan mata, meskipun sementara. Di luar itu, anda juga dapat mengalami sakit kepala dan migrain.
Solusi : Jangan Terlalu Memaksakan MataUsaha anda melihat tulisan-tulisan kecil pada layar monitor dengan menjulurkan leher agar bisa melihatnya bisa memicu stress dibagian kepala dan lama-kelamaan akan membuat penglihatan anda menjadi kabur. Untuk itu, pastikan jarak mata dengan layar monitor tidak terlalu jauh, dan sebaiknya sesuaikan ukuran tulisan pada layar monitor dengan kemampuan pandang mata anda, agar beban mata anda tidak terlalu berat.

 

  1. Merasa sangat, sangat bosan

Kebosanan dapat mempersingkat hidup anda, menurut para peneliti. Sebuah studi University College London menunjukkan, orang-orang yang mengeluh bosan mempunyai lebih banyak kemungkinan untuk mati muda, dan mereka yang melaporkan tingkat kebosanan tinggi punya kemungkinan lebih besar untuk meninggal akibat penyakit jantung atau stroke. Hal ini juga menempatkan anda pada risiko tinggi pada kecelakaan kerja.
Solusi : Berkreasilah dengan meja kerja andaPasang foto dari orang-orang yang anda sayangi, pasang screen saver bergambar selebriti idola anda, atau mousepad bergambar hewan menggemaskan. Tak ada salahnya pula meletakkan hiasan meja atau suvenir yang mengingatkan anda pada saat-saat berlibur yang menyenangkan, atau tanaman hias mungil yang menyegarkan pandangan.

 

  1. Keyboard kotor

Keyboard dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri jika tidak bersih. Ahli mikrobiologi menemukan bahwa keyboard bahkan bisa memiliki hingga lima kali lebih banyak bakteri dibandingkan dengan kamar mandi, dan termasuk bakteri yang berbahaya seperti E. coli — yang umumnya menyebabkan keracunan makanan — bersama dengan staphylococcus, yang menyebabkan berbagai infeksi.
Solusi : Bersihkanlah / ganti baruDengan membersihkan keyboard anda / mengganti dengan yang baru dapat menghilangkan bakteri yang menempel di keyboard anda.

 10. Terlalu banyak mengetik

Mengetik berlebihan merupakan penyebab paling umum dari carpal tunnel syndrome (CTS), yang merupakan kelelehan yang menyakitkan pada pergelangan tangan yang bisa merambat pada lengan anda. CTS yang terlalu parah bisa menyebabkan kerusakan saraf permanen dan pengecilan otot.
Solusi : Luruskan Pergelangan Tanganbuat posisi pergelangan tangan senyaman mungkin, jika diperluakn gunakan wrist support untuk menahannya agar pergelangan anda lebih mudah dan leluasa bergerak, bisa juga dengan senam tangan dengan memutar2.

 11. Deadline sempit

anda stres ketika harus memenuhi tenggat waktu ketat, yang bisa memengaruhi kemampuan belajar dan ingatan anda menurut Science Daily. Stres jangka pendek seperti ini bisa sama buruknya dengan stres yang berlangsung selama beberapa pekan atau bulan.
Solusi : Tuliskan jumlah pekerjaan dan deadlineBagilah semua tugas2 itu dalam target2 kecil, misalnya laporan a terdiri dari 5 folder.setiap folder selesai 1 hari,begitulah seterusnya. buat jadwal sehingga anda dapat menyeesaikan dengan cepat tidak perlu lembur di rumah.

 12. Menggunakan mouse di tempat yang sama

ika mouse anda tetap di tempat yang sama sepanjang hari, anda menjadi lebih rentan terhadap cedera akibat melakukan suatu kegiatan secara repetitif atau repetitive strain injury (RSI). RSI tungkai atas terjadi ketika tendon anda menjadi lebih tegang dari yang seharusnya untuk jangka waktu yang lama, yang disebabkan karena pengulangan gerakan, posisi tidak nyaman yang terus dilakukan, atau menekan permukaan keras dalam waktu lama.
Solusi : Letakan dalam posisi yang benarDengan meletakan mouse dengan benar maka masalah pergelangan dapat dihindari.

 13. Penggunaan smartphone yang berlebihan

Orang yang menggunakan smartphone mereka untuk SMS dan email secara terus menerus rentan terhadap kelelahan otot dan “Blackberry Thumb,” yang merupakan salah jenis RSI. Efeknya bisa menjadi sangat parah dan rasa sakit bisa menjalar ke pergelangan tangan anda dan dapat melemahkan oto tangan.
Solusi : Biasakan jauh dari ketergantungan smartphoneDengan menjauhi smartphone waktu kerja kita bisa lebih fokus ke pekerjaan.

 14. Makan makanan cepat saji untuk makan siang

Sebagian besar pegawai kantor pergi keluar untuk makan siang yang tidak sehat, tanpa menyadari bahaya negatif yang mengintai. Makanan cepat saji biasanya memiliki sekitar dua kali lipat kalori dibandingkan dengan makanan lain yang serupa dengan porsi yang sama, dan mereka memiliki banyak lemak teroksidasi, yang meningkatkan risiko penyakit jantung.
Solusi : Biasakan makan makanan rumahWalaupun terlihat sedikit kampungan, akan tetapi dari segi kebersihan, faktor gizi dan juga penyajian maka akan lebih baik daripada kita membeli di luar kantor juga. Membawa makanan dari rumah adalah juga bisa menjadi cara menyenangkan istri yang telah bersusah payah memasak makanan untuk pada suaminya yang bekerja seharian.

 15. Kuman di benda lainnya

Keyboard anda bukan satu-satunya sarang bakteri di kantor. Pintu dan kenop keran, pegangan tangga, lift dan tombol printer, berjabatan tangan dan masih banyak lokasi penuh bakteri. Mikroba ada di mana-mana, dan ada beberapa yang bahkan bisa membunuh anda.
Solusi : Biasakan mencuci tanganBiasakan mencuci tangan agar terhindar dari kuman2 di tempat kantor.

sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/535c8ce40f8b4647228b4573/15-cara-pekerjaan-kantor-merusak-tubuh-anda/


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: