Marhaban ya Ramadhan..

10 08 2010

Marhaban ya Syahra Ramadhan ya Syahra Shiyam

Selamat datang Ramadhan bulan penuh ampunan

Selamat datang Ramadha bulan penuh ganjaran

Mari kita menyambut dengan hati gembira

Mari kita menyambut dengan hati bahagia

Perbanyaklah ibadah jangan lupa sedekah

Perbanyaklah tadarus jangan lupa sholawat…

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Banyak yang senang dengan kedatangan bulan ini, dan tentu ada pula yang resah hatinya dan ada pula yang biasa saja. Bagi ummat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat penuh berkah. Amal ibadah pada bulan ini dilipatgandakan pahalanya.

Dalam menghadapi datangnya bulan ini, ada beberapa hal yang perlu kita garis bawahi. Dalam surat al-Baqarah ayat 183,

يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Dalam ayat ini, menurut penulis ada 3 (tiga) point yang perlu kita perhatikan. Pertama, kalimat Hai orang-orang yang beriman. Jadi, dalam pelaksanaan puasa Ramadhan ini hanya orang-orang yang beriman yang diundang. Jadi kalau merasa tidak beriman, tidak perlu repot-repot menyambut bulan ramadhan. Orang beriman akan senang dan gembira dengan kedatangan bulan Ramadhan, karena ia sadar di dalam bulan ini semua amal perbuatan akan dilipatgandakan ganjaran pahalanya.

Kedua, adalah kalimat diwajibkan atas kamu berpuasa. Puasa yang bagaimanama? Karena dalam hal ini, puasa tidaklah hanya sekedar menahan lapar dan dahaga, akan tetapi lebih dari itu, yakni puasa pandangan, ucapan, perbuatan bahkan puasa hati. Maksudnya adalah, puasa itu tidak cukup hanya dengan menahan lapar dan dahaga, tetapi juga harus menahan diri dari bergossip, menceritakan aib orang, ghibah, menjaga pandangan dan perbuatan. Jangna sampai kita berpuasa, tetapi ghibah jalan terus, menceritakan aib orang jalan terus, melihat sesuatu yang dilarang agama, dan lain-lain. Rasulullah bersabda:

كم من صائمٍ ليس له من صيامه إلا الجوع والعطش

berapa banyak orang yang berpuasa, tetapi tidak ada pahala dari puasanya, kecuali rasa lapar dan rasa haus”.

Ketiga, kalimat agar kamu bertaqwa. Kenapa bertaqwa?? Karena orang yang paling mulia disisi Allah adalah orang yang paling bertaqwa. Siapa yang tidak mau dipandang Allah sebagai orang yang mulia? Maka dari itu, marilah kita berlomba-lomba menjadi orang yang mulia dihadapan Allah.

Marilah kita sambut bulan ini dengan penuh suka cita, seraya mengharap semoga dalam menjalankan puasa kelak kita dapat melengkapinya dengan amalan-amalan sholeh yang lain sehingga kita termasuk hamba Allah yang bertaqwa, hamba Allah yang mulia dihadapan Allah dan makhluqnya. (Mr. Pahlevi)


Actions

Information

One response

12 08 2010
isdiyanto

selamat berpuasa….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: